PENGARUH AGAMA ISLAM TERHADAP PEMILIHAN CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN INDONESIA

Main Article Content

Rio Pramudya Hario Putra
Rizky Mohamad Rizky Lamdani
Ilham Ilham Yansen Tarantino
Joshua Joshua Julian Turangan

Abstract

Momen kritis dalam demokrasi Indonesia telah tiba dengan terpilihnya presiden dan wakil presiden. Di antara penduduk Indonesia yang sebagian besar beragama Islam, pertimbangan agama menjadi semakin penting dalam menentukan perilaku memilih dalam beberapa dekade terakhir. Islam tentu saja mempunyai peran dalam politik Indonesia, mengingat negara ini adalah rumah bagi populasi muslim terbesar di dunia. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keyakinan agama islam dapat berperan dalam pemilihan calon presiden dan wakil presiden Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka sebagai metode utama untuk mengeksplorasi berbagai aspek peran agama Islam dalam politik Indonesia. Dari sudut pandang politik sosial, penelitian ini menganalisis bagaimana agama mempengaruhi perilaku pemilih, peran ulama dalam proses politik, dan dampak organisasi Islam terhadap pemilihan presiden dan wakil presiden. Temuan penelitian menyoroti pentingnya pemuka agama Islam (ulama) dalam membimbing umatnya dalam memahami kriteria pemimpin yang sesuai dengan nilai-nilai agama. Ulama-ulama ini, meskipun tidak secara langsung terlibat dalam politik praktis, memiliki pengaruh moral yang besar dalam masyarakat. Mengingat 86,93% penduduk Indonesia beragama Islam menurut sensus 2021, maka secara tidak langsung agama Islam akan memiliki keunggulan dibandingkan agama lain, penelitian menunjukkan bahwa Islam masih menjadi faktor yang mempengaruhi pilihan politik masyarakat dalam memilih calon presiden dan wakil presiden.


Kata kunci : Calon Presiden, Calon Wakil Presiden, Islam, Pemilihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Pramudya Hario Putra R, Mohamad Rizky Lamdani R, Ilham Yansen Tarantino I, Joshua Julian Turangan J. PENGARUH AGAMA ISLAM TERHADAP PEMILIHAN CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN INDONESIA . MODERASI [Internet]. 2024 May 24 [cited 2024 Jul. 25];1(01). Available from: http://journal.forikami.com/index.php/moderasi/article/view/695
Section
Articles

References

Dwiyana, R. A., Nareswaro, A. N., Anhar, R. A., & Ramadhani, K. A. (2023). Identitas Agama Menjadi Faktor Penentu Seorang Pemimpin Negara di Indonesia. TOLERANSI: Jurnal kajian hubungan antar Agama, 1(01).

Madani, C. Y., & Marijan, K. (2021). Pengaruh Kiai Terhadap Perilaku Memilih Alumni Santri Pondok Pesantren Mbi Amanatul Ummah Pacet Angkatan 2017 Pada Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2019. Jurnal Politik Indonesia (Indonesian Journal of Politics), 7(1), 11-23.

Riyanto, R. (2015). Peran Ulama Dalam Meningkatkan Kesadaran Pemilih Pada Pemilu Presiden Dan Wakil Presiden RI Tahun 2014 Di Kabupaten Demak. Addin, 9(2), 53476.

Salim, D. P. POLITIK DAN AGAMA DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN SERTA CALON LEGISLATIF 2019 SERENTAK DI SUMATERA BARAT. ISSUES, 1.

Susamto, B. (2019). Peran Ulama Nahdlatul ‘Ulama Dan Muhammadiyah Dalam Pemilu Calon Presiden Dan Wakil Presiden Tahun 2019 Di Kabupaten Pasuruan Perspektif Al-Farabi. Al-Balad: Journal of Constitutional Law, 1(2).