Intoleransi Masyarakat Mayoritas Terhadap Minoritas Di Kota Cilegon

Main Article Content

Afreiza Octaguna A
Ayesha Inaya Putri
Kent Matthew Herrenauw

Abstract

Karya Ilmiah ini bertujuan untuk menyadarkan pembaca atas kurangnya toleransi pada sebagian wilayah di indonesia. Dengan adanya jurnal ini, mengharapkan masyarakat bisa memiliki wawasan yang luas dan menanamkan sikap toleransi keberagamaan. Intoleransi agama merupakan sikap suatu perilaku yang mendriskiminasi terhadap kelompok agama tertentu dalam bentuk perlakuan pengucilan, pengusiran, kekerasan fisik dalam akses layanan publik. Seseorang yang memiliki sikap intoleransi cenderung suka merendahkan orang lain, Hal tersebut menjadi penyebab intoleransi di Indonesia semakin luas di berbagai daerah dan sulit kita kendalikan. 


Seperti yang terjadi di Kota Cilegon, terdapat penolakan pembangunan rumah ibadah di kawasan setempat dan Wali Kota menandatangani atas penolakan pembangunan tersebut. Peristiwa Geger Cilegon ini yang menjadi pemicu utama sikap intoleran masyarakat di Kota Cilegon. Pada kasus konflik penolakan pembangunan gereja di Kota Cilegon ini memang benar adanya, hal tersebut dilatarbelakangi oleh adanya sikap tidak suka antara kelompok mayoritas yaitu agama Islam dengan kaum minoritas yaitu agama Kristen, sehingga ketika ingin dibangun tempat ibadah agama Kristen ini kelompok mayoritas menolak keras. Dengan adanya tindakan ini membuat citra pemkot Kota Cilegon tidak dapat dipercaya masyarakat dan hak beribadah kelompok minoritas terhalangi. Maka dari itu, untuk mencapai perdamaian dalam keberagamaan, kita harus mempunyai sikap toleran kepada umat beragama lainnya dengan cara menghargai dan saling menghormati.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Afreiza Octaguna A, Ayesha Inaya Putri, Herrenauw KM. Intoleransi Masyarakat Mayoritas Terhadap Minoritas Di Kota Cilegon. MODERASI [Internet]. 2023 Dec. 16 [cited 2024 Jul. 25];1(01). Available from: http://journal.forikami.com/index.php/moderasi/article/view/464
Section
Articles

References

Abdul Riansyah, Mia Mulyani, Muhamad Faisal AL-Giffari, Shidqi Fadhilah Akbar, Siti Hulailah 2021. Program studi Ilmu Pemerintahan, FISIP, UNTIRTA.

Antin Ekaseptiani Arista, 2023. Akuntasi Unika Widya Mandala Madiun.

Burhan Bungin, 2011. Jakarta: Prenadamedia Group.

Elma Haryani, 2019. Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Irvan Nurfauzan Saputra; Azkaa Rahiila Hardi, Revo Rahmat. 2023. Universitas Pembangunan Jaya.

Iis Munawaroh, Wahid Abdul Kudus, 2023. Fakultas Studi Pendidikan Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Shendy Susantika, Ikomatussuniah, 2023, Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Zuly Qodir, 2016. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta